Senin, 22 Juni 2015

Manusia dan Kebudayaan

      Haryo Fajar Bhagaskoro
      54414833
      1IA17


 
1.  Pengertian manusia adalah makhuk sosial yang diciptakan oleh Allah SWT yang memiliki akal,jiwa,raga dan kasih sayang.Dan manusia tidak bisa hidup sendiri ,harus hidup dalam ruang lingkup kebersamaan dan berpasangan.
    
2. Unsur-unsur yang membentuk manusia :
     ●Unsur jasmani dan rohani,
     ●Unsur fisik dan psikis,
     ●Unsur raga dan jiwa

3. Pengertian kebudayaan adalah suatu adat istiadat secara turun temurun dari nenek moyang terdahulu disebuah daerah.dan disetiap daerah memilik suatu kebuayaan yang berbeda-beda

4. Unsur-unsur dari kebudayaan :
           ●sistem bahasa
            Bahasa di Negara Indonesia sangat beragam tergantung kita berada didaerah mana.Dan bahasa adalah sarana komunikasi/berinteraksi antara makhluk hidup yang berakal
            ●sistem pengetahuan
Ilmu yang mencakup pengetahuan manusia tentang berbagai unsur yang digunakan dalam kehidupannya
            ●sistem kekerabatan dan organisasi sosial
untuk memahami bagaimana manusia membentuk masyarakat melalui berbagai kelompok sosial. tiap kelompok masyarakat kehidupannya diatur oleh adat istiadat dan aturan-aturan mengenai berbagai macam kesatuan di dalam lingkungan di mana dia hidup dan bergaul dari hari ke hari
            ●sistem peralatan hidup dan teknologi
Manusia selalu berusaha untuk mempertahankan hidupnya sehingga mereka akan selalu membuat peralatan atau benda-benda tersebut.
            ●sistem ekonomi/mata pencaharian hidup
cara mata pencaharian suatu kelompok masyarakat atau sistem perekonomian mereka untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Sistem ekonomi pada masyarakat tradisional, antara lain
a. berburu dan meramu;
b. beternak;
c. bercocok tanam di ladang;
d. menangkap ikan;
e. bercocok tanam menetap dengan sistem irigasi.
            ●sistem religi
asal mula permasalahan fungsi religi dalam masyarakat adalah adanya pertanyaan mengapa manusia percaya kepada adanya suatu kekuatan gaib atau supranatural yang dianggap lebih tinggi daripada manusia dan mengapa manusia itu melakukan berbagai cara untuk berkomunikasi dan mencari hubungan-hubungan dengan kekuatan-kekuatan supranatural tersebut.
            ●kesenian
awal tentang unsur seni pada kebudayaan manusia lebih mengarah pada teknikteknik dan proses pembuatan benda seni tersebut. Selain itu, deskripsi etnografi awal tersebut juga meneliti perkembangan seni musik, seni tari, dan seni drama dalam suatu masyarakat.

5.Hubungan antara manusia,masyarakat dan kebudayaan
            Dari ketiga unsur terserbut dari manusia,masyarakat dan kebudayaan hubungannya sangat erat dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain.karena,dari ketiga itu ,manusia adalah sebagai objeknya yang menjalankan kebudayaan itu sendiri dan masyarakat adalah jalan untuk mempromosikan dari kebudayaan yang akan mulai berkembang hingga semua masyarakat itu tau bahwa kebudayaan itu sangat penting bagi kehidupan.

6. kebudayaan dan agama


            Antara 2 itu kalau menurut saya sangat erat berhungungannya contohnya gini ,kebudayaan di Bali , antara kebudayaan dan agama sangat erat hubungannya ,dibalik adanya doa dan pemujaan setiap orang Bali berdoa ,dan disitu juga kebudayaan yang khas dari warga bali dengan melihat dari pakaian yang digunakan lalu ajaran yang diajarkan sebelum pemujaan/berdoa dimula.


Kebudayaan batik (D.I. Yogyakarta)

Batik Jawa
Batik Jawa adalah sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia, khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo
Macam-macam Batik

Batik Tiga Negeri dikenal lewat warnanya yang terdiri dari tiga bagian. Ada biru, coklat/sogan, dan merah. Batik ini kadang dikenal sebagai Batik Bang-Biru atau Bang-Bangan untuk variasi warna yang lebih sederhana. Ada yang mengatakan kalau pembuatan batik ini dilakukan di tiga tempat yang berbeda. Biru di Pekalongan, Merah di Lasem, dan Sogan di Solo. Sampai sekarang kerumitan detail Batik Tiga Negeri sukar sekali dirproduksi.
 batik buketan asal pekalongan
batik jawa hokokai
Batik Jawa Hokokai. Dibuat dengan teknik tulis semasa pendudukan Jepang di Jawa (1942-1945). Ia berupa kain panjang yang dipola pagi/sore (dua corak dalam satu kain) sebagai solusi kekurangan bahan baku kain katun di masa itu. Ciri lain yang mudah dikenali adalah pada motifnya. Motif kupu-kupu, bunga krisan, dan detail yang bertumpuk menjadikan Batik Jawa Hokokai menempati posisi karya seni yang mulia.
 batik lasem
Batik Lasem dikenal karena warna merahnya yang khas. Di Lasem (Jawa Timur) sendiri, pengrajin batik sudah sangat berkurang. Beberapa kolektor menyebut Batik Lasem adalah batik yang tercantik diantara yang lain. Batik ini juga menjadi penanda pencampuran dua budaya, Jawa dan Cina.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

Blogger templates

Popular Posts

Pages